Categories
Artikel

Cara SUPER CEPAT Menulis Copywriting

Sebelumnya saya sampaikan selamat kepada sahabat saya pak Kusuma sebagai salah satu pemenang kontes Stop Dreaming Start Action dan Mas Umar karena telah menang dalam kontes Afiliasi. Terimakasih juga karena udah muat nama saya sebagai salah seorang kontributor…narsis mode: ON.

Ok, back to topik. Bisa aja saya memilih judul: Cara Instan Menulis Copywriting, tapi tidak!!! Mengapa?

Copywriting menjadi minat terbesar saya dalam bisnis online, itu mengapa saya berusaha memegang keyword: copywriting indonesia di google.co.id, selain juga untuk mengingatkan saya agar memberi fokus yang lebih besar dalam belajar copywriting/sales copy atau surat penjualan.

Mengapa saya tidak menulis judul: Cara Instan Menulis Copywriting? Melainkan memilih Cara SUPER CEPAT Menulis Copywriting? Karena menurut saya, copywriting itu adalah mengenai emosional, kata-kata SUPER CEPAT lebih mampu menginjeksi emosi dan itulah catatan utama dalam menulis copywriting, bangunlah kata-kata yang mampu menyuntikkan pesan-pesan yang emosional…karena orang dalam mengambil keputusan membeli sering didominasi oleh emosional alih-alih harus berpikir rasional, emosi membuat mereka lupa segalanya…dan akhirnya membeli…itulah “bahayanya” copywriting…

Ok, enough talking…let’s to the point…
Bagaimana menulis copywriting dengan cepat? Bagi Anda yang belum mengerti apa itu copywriting, silakan buka Belajar Afiliasi sebagai sebuah contoh yang saya buat sendiri kurang dari satu hari…not bad…

Copywriting berperan sebagai “senjata perayu” agar seseorang mau membeli produk/jasa yang Anda tawarkan. Dan berikut adalah cara cepat membuat copywriting untuk web, perhatikan!!! Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjawab dari 5 pertanyaan di bawah, tulis jawabannya dikertas.

  1. Apa masalahnya? Umumnya produk/jasa diciptakan untuk memecahkan sebuah masalah, misal sebuah produk ebook Belajar Afiliasi adalah menawarkan solusi bagaimana agar menjual produk afiliasi tidak lagi sulit. Kenali masalah yang mungkin calon pembeli Anda hadapi, temukan salah satu dari tiga hal ini: sakit, masalah atau kesulitan yang mungkin dihadapi, lalu tulislah.
  2. Mengapa masalah itu masih ada, tulislah satu buah kalimat yang menjelaskan mengapa masalah itu masih dialami oleh calon pembeli Anda. Misal: Anda mungkin telah mencari berkali-kali dengan google untuk tahu bagaimana cara menjual produk afiliasi, tapi tak juga Anda bisa benar-benar menjual. Disini Anda menjelaskan, ibaratnya alasan mengapa orang/prospek Anda tak juga kunjung sembuh setelah pergi ke dokter? Saya rasa itu sebuah analogi yang bagus.
  3. Kemungkinannya apa? Langkah ini disebut posibility thinking. Disini adalah tempat Anda memindahkan rasa frustasi calon pembeli/prospek dengan mengajak mereka membayangkan (bagaimana jika…), disini tugas Anda melukis imaginasi dengan kata-kata, seperti contoh: Bagaimana jika seorang TOP AFILIASI INDONESIA siap membantu Anda, memberitahu Anda cara MUDAH MENJUAL AFILIASI dan memastikan Anda UNTUNG dari bisnis afiliasi Anda, bayangkan bagaimana kesulitan Anda akan berubah 180 derajat…Anda akan tahu CARA TEPAT Menjual dan bagaimana agar menguntungkan Anda.
  4. Bagaimana perbedaannya sekarang. Langkah 3 telah mengganti kesulitan menjadi kemungkinan dan saatnya sekarang mengajak mereka untuk mewujudkan perbedaan tersebut. Disinilah tempat Anda mengenalkan produk/jasa Anda, keunggulannya dan bagaimana produk/jasa tersebut dapat mewujudkan perbedaan yang telah Anda bangun sebelumnya, perbedaan yang “diimpikan” oleh prospek Anda.
  5. Apa yang harus Anda lakukan, nah ini bagian menyenangkannya. Ini disebut juga call to action. Mengajak prospek untuk membeli produk/jasa Anda. Agar call to action lebih kuat, pastikan Anda memberikan pendorong seperti, pesan sekarang untuk mendapatkan harga Rp … sebelum harga naik menjadi Rp …

Setelah Anda menjawab 5 pertanyaan tersebut, Anda telah siap memiliki bahan mentah untuk membuat copywriting. Selanjutnya Anda tinggal menyusunnya ke dalam website Anda, saling menghubungkannya agar enak dibaca. Satu tips dari saya, jangan terlalu bombastis dalam menulis copywriting, pastikan produk yang Anda tawarkan bagus, berkualitas dan komunikasikan dengan cara terbaik lewat 5 langkah di atas. Selamat menulis copywriting Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *