Categories
Artikel

Mengapa Ikutan Kontes?

Pengalaman KONTES SEO:
“Mengapa BAHKAN Pemulapun Harus Ikut Kompetisi Ini?”

Saya baru aja mengikuti kontes SEO, meski berakhir pada kata “belum berhasil” tapi saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Bagaimana saya sempat mendapatkan urutan no. 2 di google untuk kontes tersebut?

Sebelumnya, “Selamat kepada para pemenang kontes SEO: Mencari Blogpreneur Sejati”

Sejujurnya perjalanan ikut kontes Mencari Blogpreneur Sejati itu nekad, karena saya telat tahu ada kontes ini. Akhirnya tanggal 20 september 2009 saya tanpa pikir panjang bergabung mengikuti kompetisi search engine optimization lokal ini dan berikut adalah posisi yang sempat saya peroleh di google Indonesia:

Berita buruknya adalah saya terkanvas pada hari-hari terakhir ke halaman 2 di google indonesia…

Bukan sebuah kemenangan, tapi kontes SEO memberikan saya 5 dari pengalaman-pengalaman berharga yang saya dapatkan:

  1. Buat segalanya JELAS! Ini pelajaran yang paling berharga. Jika mengikuti kontes SEO, kita perlu tahu medan yang kita hadapi. Tak ada hubungannya dengan banyaknya jumlah kompetitor, meski kontes di google tampak diikuti oleh ratusan bahkan jutaan orang, kenyataannya adalah kita bersaing dengan hanya 10, 3 bahkan hanya 1 orang, yaitu kompetitor yang menempati top ranking. Yang perlu diperjelas adalah: Buat langkah-langkah yang akan Anda ambil sebagai bekal untuk kontes dan catat yang telah dan akan Anda lakukan, ini akan sangat berguna untuk bahan evaluasi. Khususnya, catat daftar backlink yang telah dan akan Anda buat. Jika segalanya jelas, tentu langkah-langkah kita akan lebih terarah dan rapi…jangan remehkan dua kata itu!

  2. Kontes SEO: On Page, pengalaman saya, beberapa hari semenjak start ikutan kompetisi SEO ini, terasa sulit sekali memasuki halaman google. Saya lalu lakukan review dan modifikasi on page saya/halaman landing page-nya dan selang 12 jam kemudian, posisi saya naik masuk urutan ke 10 (sebelumnya bahkan ga masuk top 300 he he – entah ada dimana) dan beberapa jam kemudian naik menempati urutan top 3 dan sempat stabil pada posisi tersebut.
    Salah satu tips optimasi On Page: Pastikan Anda hanya menggunakan salah satu dari tag HEADLINE, jika memutuskan pake H1 maka ga perlu lagi ada H2, H3, dan ha ha yang lainnya dalam halaman Anda karena google bisa-bisa menganggap konten Anda sebagai spam, konsekuensinya web kita dibuang jauh-jauh dari halaman pertama…dan itulah salah satu kesalahan yang telah saya lakukan sehingga saya terjungkal jauh.

  3. Kontes SEO: Off Page, manfaatkan sejumlah forum untuk memasang backlink Anda. Google ternyata sangat menyukai forum dan jika link Anda ada pada sebuah forum yang relevan dengan topik konten Anda, maka google menganggap konten Anda penting. Tentu saja ilmu mengintip sumber backlink kompetitor wajib Anda punyai. Tidak perlu memberikan 10.000 post di forum jika ingin dapat backlink. Gabung dibeberapa forum, lihat mungkin ga meletakkan signature berupa backlink, jika tidak, lihat bagian profile Anda, biasanya disana ada opsi tentang About Me, isikan disana seperti contoh:
    Hi, my name is Andi from Kuta, Bali – Indonesia. I love social media and blogging as the way I can share my idea arround the globe.regards,
    <a href=”http://www.www.spiderwebiz.com/mencari-blogpreneur-sejati-indonesia.html”>Mencari Blogpreneur Sejati</a>

    Trik ini jika beruntung akan menjadi backlink+anchornya dan dofollow lagi. PENTING!!! Ikuti aturan dalam forum tersebut atau Anda akan dikeluarkan dari keanggotaan.
    Dan pastikan pada hari-hari terakhir Anda punya senjata tercanggih, mungkin aja berupa backlink dengan PR tinggi…setidaknya miliki senjata pamungkas for the last battle.

  4. Dapat trafik tambahan, ya ini hadiah cuma-cuma jika sempat menempati posisi TOP 10 di google, maka pasti ada aja orang yang akan nyangkut main ke blog kita, bahkan saya sempat dapat penjualan produk afiliasi dari kunjungan tersebut.

  5. Lebih siap untuk Kontes SEO selanjutnya, Anda akan lebih berpengalaman dan lebih tahu apa yang perlu Anda lakukan.

Tips Kontes SEO: Tool yang Harus Anda PUNYA! (silakan googling untuk mendapatkannya).

  1. Pastikan di browser Anda (Firefox) terinstall: Google Toolbar dan SEO4Firefox. Dua tool tersebut akan sangat berguna nantinya ketika Anda menganalisa sumber-sumber backlink Anda dan kompetitor, mengetahui PR-nya dan apakah backlink itu Dofollow atau Nofollow.

  2. Analisa Onpage halaman web yang Anda ikutkan untuk kompetisi. Saya baru tahu (telat) kalau akuratnya tool Internet Business Promotor untuk menganalisa, “apa sih yang perlu dioptimasi pada halaman web Anda agar google menyukainya”.

  3. SEO Elite, percaya deh ga bisa hidup tanpa tool ini. Ini berguna untuk mengetahui darimana aja sumber backlink kompetitor Anda, intip dan curi langkahnya…lalu rebut posisi kompetitor.

Memang ada sih tool gratis yang juga handal jika tool di atas sulit didapatkan, silakan download ebook “Gerilya SEO” saya pada pojok kanan atas halaman ini, saya membahasnya cukup detail dan telah didownload oleh ratusan pengunjung blog Belajar Internet Marketing ini.

Sekarang ini semakin ramai aja kompetisi SEO di Indonesia, kalah hari ini membuat kita punya pengalaman untuk menghadapi kontes SEO selanjutnya…dan SEKARANG? saya lebih siap untuk berkompetisi lagi…

Semoga manfaat dan jangan takut deh ikutan kontes SEO, saya aja yang pemula berani apalagi Anda? AYO!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *